Sunday, February 5, 2012

Sinar panas Archimedes ( Heat Ray ) mitos atau kenyataan?



Archimedes mungkin telah menggunakan cermin untuk  bertindak secara kolektif sebagai reflektor parabola untuk membakar kapal yang hendak menyerang kota  Syracuse.
pada abad ke-2  sesesudah masehi  seorang penulis buku yang bernama Lucian menulis bahwa selama Pengepungan kota Syracuse (c. 214-212 SM), Archimedes menghancurkan kapal musuh dengan pantulan lensa yang menyebabkan terjadinya api.  Berabad-abad kemudian, Anthemius dari Tralles menyebutkan pembakaran-gelas sebagai senjata Archimedes . Perangkat ini, kadang-kadang disebut "Archimedes heat ray" ( Sinar Panas Archimides ).  Digunakan untuk memfokuskan sinar matahari mendekati kapal, dan  membuatnya  terbakar.






Sejak zaman Renaissance ( zaman kebangkitan terhadap ilmu pengetahuan ),  senjata ini diklaim telah menjadi subyek perdebatan tentang sebuah kredibilitas . René Descartes menolaknya sebagai palsu, sedangkan para peneliti modern telah berusaha untuk menciptakan efek dengan menggunakan sarana yang  tersedia pada zaman Archimedes. Ia telah mengemukakan bahwa susunan  yang besar dari perunggu yang dipoles  perisai tembaga dan bertindak sebagai cermin,  telah digunakan untuk memfokuskan sinar matahari ke kapal lawan.  Digunakannya prinsip reflektor parabola dengan cara yang mirip dengan tungku matahari  atau Solar Furnace (suatu struktur yang digunakan untuk memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan suhu yang tinggi, biasanya untuk industri.  Hal ini dicapai dengan menggunakan cermin melengkung (atau array cermin) yang bertindak sebagai reflektor parabola, berkonsentrasi cahaya (isolasi) ke titik fokus. Suhu pada titik fokus dapat mencapai 3500 ° C (6330 ° F), dan panas ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, melelehkan baja, membuat bahan bakar hidrogen atau nanomaterials.. )

Sebuah tes dari sinar panas Archimedes dilakukan pada tahun 1973 oleh ilmuwan Yunani Ioannis Sakkas. Penelitian berlangsung di pangkalan angkatan laut di luar Skaramagas Athena. Pada kesempatan ini  dengan 70 cermin digunakan, masing-masing dilapisi dengan  tembaga dan ukuran sekitar lima atau tiga kaki. Cermin itu diarahkan pada kayu lapis mock-up, yaitu  sebuah kapal perang Romawi pada jarak sekitar 160 kaki (50 m). Ketika cermin itu difokuskan secara akurat,  kapal  itu meledak menjadi kobaran api dalam beberapa detik.  Kapal kayu memiliki lapisan cat aspal, yang mungkin membantu pembakaran.


Pada bulan Oktober 2005 sekelompok mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology melakukan percobaan dengan ubin cermin berukuran 30 cm persegi,  difokuskan pada sebuah kapal kayu mock-up dari jarak sekitar 100 kaki (30 m).ketika cermin diarahkan  kebakaran terjadi pada tambalan kapal, tetapi hanya setelah langit sudah tak berawan dan kapal tetap diam untuk sekitar sepuluh menit. Dapat disimpulkan bahwa perangkat senjata layak ini efektif  pada kondisi langit sudah tak berawan dan kapal tetap diam untuk sekitar sepuluh menit . Kelompok MIT mengulangi percobaan dan kali ini disiarkan untuk acara televisi  berjudul  MythBusters, menggunakan kapal nelayan kayu di San Francisco sebagai target. Sekali lagi beberapa kehangusan  terjadi, bersama dengan sejumlah kecil api. Untuk terbakar, kayu perlu mencapai titik flash, yaitu sekitar 300 derajat Celsius (570 ° F).


Ketika MythBusters menyiarkan hasil eksperimen San Francisco pada Januari 2006, klaim itu ditempatkan dalam kategori "rusak" (atau gagal) karena lamanya waktu dan kondisi cuaca yang ideal yang diperlukan untuk pembakaran terjadi.  Ini juga menunjukkan bahwa sejak Syracuse menghadapi laut ke arah timur, armada Romawi  diharuskan menyerang selama pagi untuk mengumpulkan cahaya yang optimal dari cermin. MythBusters juga menunjukkan bahwa senjata konvensional, seperti panah berapi atau ketapel, akan merupakan cara yang jauh lebih mudah untuk pengaturan kapal terbakar pada jarak pendek.
Menarik menyimak kisah tentang Sinar panas Archimedes  diatas, dikarenakan  orang – orang tersebut tidak begitu saja percaya akan mitos tersebut, hal tersebut bisa di artikan bahwa mereka pun perlu pembuktian apakah ini fakta atau sekedar mitos,. Dengan menjunjung tinggi kebenaran mereka membuktikan bahwa kisah diatas belum bisa diktakan fakta, karena dari hasil percobaan mereka tidak mendukung untuk terjadinya proses yang sudah lama di percaya sebagai senjata Archimides untuk menghadapi armada pasukan  Romawi.

Source : wikipedia.org/wiki/Archimedes

No comments:

Post a Comment